Perbedaan native vlan dan default vlan


Perbedaan Native Vlan Dan Default Vlan

Pada materi ujian JNCIS-Enterprise, terdapat banyak sekali soal tentang STP, RSTP & MSTP. Dari sekian banyak soal tersebut ada pertanyaan seperti berikut :

“By default, which VLAN ID is associated with the VLAN on EX Series switches?”


Dari pertanyaan diatas ada yang perlu digarisbawahi, “By default..”. Selama ini yang kita dengar tentang vlan ada 2 istilah yang sering diucapkan baik itu Cisco maupun Juniper. Istilah tersebut adalah “Default & Native Vlan”. Beberapa tahun lalu ketika saya bertanya kepada seorang ‘CCNP’ tentang native vlan, dia menjawab :

“Native vlan…ya vlan default itu.. Kalau di cisco ya vlan 1 itu lho..”.


Setelah itu saya sempat bingung apa bedanya antara default vlan dan native vlan, ternyata ketika saya membaca beberapa ebook Juniper terdapat perbedaan yang mencolok antara default vlan dan native vlan. Kutipannya dapat dilihat seperti dibawah ini :

Native Vlan

Default Vlan

Native VLAN

Merupakan vlan yang didesain untuk mensupport switch ‘jadul’ yang tidak mensupport tagging .1Q. Cisco membuat pernyataan tentang native vlan seperti dibawah ini :

“Native VLAN adalah VLAN yang akan dikembalikan kepada suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged VLAN pada konfigurasi 802.1Q trunk”. 


Default VLAN

“Default VLAN merupakan vlan yang digambarkan sebagai konfigurasi factory-default VLAN dan bukan merupakan bagian dari vlan standard. Contohnya vlan 0”.


VLAN Tagging

“VLAN Tagging merupakan vlan yang sudah ditandai (ditagging) pada paket headernya sehingga diizinkan untuk melewati suatu port trunking/port tertentu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dynamic VLAN Membership

Prinsip kerja VLAN

Jenis protokol trunking